img-20161114-wa0004-1-300x250“GLS adalah kependekan dari Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan ini dirancang sebagai upaya pemerintah dalam menumbuhkan minat baca siswa sehingga pelajar kita tidak terbelakang dalam masalah iptek dan budaya,”Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. mengatakan tujuannya dalam program yang bertempat kegiatan di SDN Cempedak, Sabtu, 12 November 2016.

Intisari apa yang mereka baca dituangkan dalam bentuk fish bond dan mereka mereviu hasil yangmereka baca. Eri menilai, berdasarkan kunjungan ke beberapa sekolah, pendampingan pihak sekolah penting dilakukan dalam pemberian bagaimana agar kiat-kiat dan trik memotivasi siswa hingga minat membaca. Membaca jadi semacam reading habit dan siswa paham pada bacaan yang mereka baca melalui metode yang tepat.

“Pihak sekolah selayaknya menunjukkan bukti konkret keberhasilan dan kekurangan karena sebagai penyuluh dan bukan monev GLS provinsi ini akan menunjukkan tingkat keadaan  sesungguhnya”.

Di mata Wakil Dekan yang bergiat di berbagai bidang pendidikan nasional dan internasional ini, “resume melalui majalah dinding (mading) akan mencerminkan bagaimana kemampuan daya baca siswa sesungguhnya, biarkan saja apa adanya agar terukur,” demikian Eri memaparkan.