20161112_120109-1-300x250Bertempat di SDN Cempedak, Kecamatan Cijeruk, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Unpak merintis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Sabtu, 12 November 2016.

Gerakan rintisan ini melibatkan guru, kepala sekolah, UPT sekolah di lingkungan Kecamatan Cijeruk, juga siswa semua kelas di sekolah tersebut yang dengan antusias membaca serta beraktivitas kebahasaan di lingkungan sekitar.

Antusiasme dan ekspresi tampak terpancar dari peserta yaitu guru-guru dan siswa di hadapan kakak-kakak mereka yang notabene adalah mahasiswa itu.

Inti GLS, seperti dinyatakan pencetus gagasan para dosen PBSI yang diwakili oleh Wakil Dekan bidang Administrasi, Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Ketua Program Studi, Suhendra, M.Pd. berpusat pada diluangkannya waktu 15 menit membaca sebelum pelajaran sekolah dimulai.

Dalam pandangan Dr. Eri, “GLS merupakan upaya pemerintah dalam rangka menumbuhkan minat baca para siswa, membudidayakan membaca di kalangan sekolah sehingga pelajar kita tidak tertinggal infomasi iptek dan budaya”.

“GLS merupakan program nasional dalam rangka menumbuhkan budi pekerti yang dilakukan dalam bentuk kegiatan membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar-mengajar dimulai. SDN Cempedak merupakan SD rintisan yang masuk dalam program WJLRC (West Java Leader’s Reading Challenge),” papar Suhendra.

Yang menarik adalah, siswa-sisi dari kelas 1 hingga 6 tampak demikian ekspresif mengungkapkan yel-yel hingga celoteh kebahasaan yang dibimbing oleh dosen dan mahasiswa PBSI tersebut.

Dalam kegiatan itu, Prodi PBSI juga menyumbangkan 1.000 jumlah buku sebagai bentuk pengabdian institusi kepada pihak sekolah. Di samping para pemangku kepentingan dari pihak sekolah, UPT, serta guru-guru SD di lingkungan Kecamatan Cijeruk, kegiatan ini juga dihadiri oleh para dosen di lingkungan PBSI FKIP Unpak yang juga berpartisipasi dalam kegiatan konseling dan bimbingan antara lain Rina Rosdiana, M.Pd., Mukodas, M.Pd., Wildan F. Mubarock, M.Pd., Dra. Sri Rahayu, Ainiyah Ekowati, S.Pd., Roy, S.Pd., dan Dadan Suwarna, M.Hum.