Banyak warga yang mungkin bertanya-tanya tentang apa gerangan yang Pemkot rencanakan sepanjang trotoar yang melingkari Kebun Raya.  Ini tampaknya menjawab harapan warga pascaperputaran satu arah lalu-lintas yang mengubah arus utama jalan dan kendaraan.

Jalur trotoar yang melingkari SSA (sistem satu arah) atau Kebun Raya ini akan dijadikan pedestrian yang diperuntukan bagi kenyamanan pejalan kaki, pesepeda, dan pelari yang aman dan nyaman beraktivitas di sepanjang trotoar.

Memang akibatnya, adalah ruas penyempitan jalan di sepanjang SSA yang tadinya meluas kini sebaliknya. Sementara trotoar jalan jadi lapang karenanya. Yang diharapkan dari pedestrian yang mengitari adalah jalur di situ bukan hanya bagi pengendara, tetapi semua aktivitas warga.

Malah,Pemkot merencanakan jembatan penyeberangan bagi akses siapa pun yang mengitari jalur itu. Jembatan kini menjadi kebutuhan mengingat pilihan melintasi jalur itu, terutama bagi penyeberang jalan, adalah menentukan di titik mana arus lalin aman dan nyaman.