screenshot_2016-10-27-17-32-35-1Jika Jakarta punya bir pletok, Bogor pun punya bir yang khas, namanya bir kotjok. Namanya mungkin masih asing di telinga kita, namun ternyata bir kotjok ini sudah ada sejak tahun 1948 dan merupakan minuman tradisional khas Bogor. Mengapa dinamakan bir kotjok? Usut punya usut, cara pembuatan bir dengan cara dikocok-kocok inilah yang melatarbelakangi penamaan bir menjadi bir kotjok. Walaupun bernama bir, minuman tradisional ini tidak memabukkan, justru memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Bir pletok khas Jakarta dan bir kotjok khas Bogor sepintas memang mirip penampakannya, keduanya juga merupakan bir tanpa alkohol dan minuman tradisional. Perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Bir kotjok dibuat dari Jahe, Kayu Manis, Cengkeh, dan Gula Aren, dan tidak menggunakan secang dan kapulaga seperti pada bir pletok.

Cara membuat bir kotjok khas Bogor ini tidaklah sulit. Awalnya semua bahan direbus, setelah direbus kemudian disaring dan ditempatkan kedalam botol-botol minuman. Bir kotjok biasa disajikan dingin dengan tambahan es dan baru akan dibuat jika ada yang membeli. Ditempatkan didalam teko, ditambahkan es, lalu dikocok-kocok sampai berbuih barulah siap disajikan. Jika sudah berbuih bir kotjok siap untuk diminum. Walaupun dalam penyajiannya sering ditambahkan es sehingga menjadi dingin ternyata pada saat diminum tetap terasa hangat, ini terjadi karena jahe yang digunakan dalam pembuatan bir adalah hanya jahe merah bukan jahe biasa. Jahe merah digunakan karena baik untuk kesehatan, terutama untuk proses sirkulasi darah, rasa jahe merah pun lebih pedas dan hangat jika dibandingkan dengan jahe biasa. Perpaduan Jahe dan gula aren membuat bir kotjok ini mempunyai cita rasa hangat dan manis ketika diminum dan juga campuran antara cengkeh dan kayu manis membuat aroma bir ini begitu harum.

Selain menyehatkan bir kotjok ini sekaligus “memabukkan” karena saat kita meminumnya maka akan membuat kita ketagihan dan tidak akan cukup hanya sekali mencobanya. Bir kotjok tidak menimbulkan efek samping karena terbuat dari bahan alami. Khasiat yang diperoleh jika kita meminum bir kotjok antara lain dapat mengatasi masuk angin, meredakan flu, juga menghangatkan tubuh.

Bir kotjok khas Bogor dapat ditemui di sepanjang jalan Surya Kencana Bogor (Surken), tepatnya di Gang Aut mulai pukul 09.00-17.00 WIB dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu 5000 rupiah utuk satu gelas bir kotjok.(Elisabet Siwi)