screenshot_2016-10-27-17-32-35-2-300x250Putaran arus lalu-lintas ke Tugu Kujang dari Tol Jagorawi, terbagi dalam dua jalur. Yang turun terus ke arah Jalan Otto Iskandardinata rata-rata ditujukan untuk pengendara yang memutar ke pusat-pusat pemerintahan, perbelanjaan, atau pintu masuk Kebun Raya. Selanjutnya, tujuan Stasiun Bogor, dan Kabupaten Bogor wilayah barat seperti Dramaga, Leuwi Liang,atau Lebak, Serang, Banten.

Sementara itu, arus lalin yang berputar di pertigaan Tugu Kujang adalah pengendara yang diarahkan ke Ciawi, Tajur, termasuk yang akan memasuki pintu Tol Jagorawi arah Jakarta, Cileungsi, Citeureup, dan Sentul.

Pentingnya mengetahui tujuan adalah demi tidak terjebak di kemacetan, terutama setiap akhir pekan yang itu berarti kita akan memutar arah-balik, atau bahkan bolak-balik karena pemahaman arus lalin di Bogor yang sudah berubah sejak 1 Aparil 2016, terutama di jalur SSA (sistem satu arah) ketika arus hanya memperkenankan satu arah kendaraan.

Arus Tugu Kujang menjadi krusial karena akan menentukan tujuan pengendara ke mana, terus berarti mengikuti arus besar ke pusat-pusat keramaian ataukah berbelok di pertigaan lampu lalu-lintas Tugu yang berarti memutar arah keluar kota.